Mempercepat kinerja XP - KOMPUTER TAZKIA VIANA PUTRI

Mempercepat kinerja XP

windows xp pada dasarnya sudah lumayan cepat namun dengan sedikit optimalisasi kita dapat menambah sedikit kinerja komputer kita.dulu saya pernah membuat posting tentang hal ini tapi saya mendapatkan beberapa masalah mungkin ada kesalahan prosedur.

Salah satu pendukung kinerja Windows XP itu sendiri adalah Hardware seperti Motherbord,Vga,Ram (memory),dan lainnya.ibaratnya gini kamu ingin cepat sampai ke kantor tappi kamu tidak punya fasilitas yang memadai kamu cuma memiliki sepeda butut jadi kemungkinan sampai ke kantor lebih cepat akan terhambat.jika kamu ingin sampai ke kantor dengan cepat belilah motor atau mobil itu akan mempercepat waktu yang kamu butuhkan.jadi salah satu pendukung utama kinerja komputer anda adalah kompunen komponen komputer itu sendiri dalam hal ini Hardware. 

Selain hardware software pendukung virus dan banyaknya sampah juga ikut berpengaruh terhadap kinerja komputer kamu.jika komputer kamu terinstal banyak software yang berat seperti office,photoshop,antivirus dan masih banyak lagi software yang cukup memberatkan komputer.jadi saran saya install software yang di butuhkan saja,selain menghemat kapasitas hardisk ini juga menambah keceptan komputer kamu dalam bekerja.

Virus siapa yang tidak tau?virus merupakan pengganggu kumputer yang cukup merepotkan.jadi usahakan ada antivirus yang terinstall di komputer kamu rekomendasi saya SMADAV.ini untuk menangani virus lokal untuk virus dari luar kamu bisa menggunakan AVG free,ANVAST,atau avira.tergantung selera kamu aja.kalau saya sendiri mengunakan AVG selain ringan juga tidak memberatkan komputer.

Kita juga bisa mengoptimalisasi kinerja komputer kita dari registri  atau Tweaking 
Klik start run ketik regedit dan enter
HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Session Manager/Memory Management


Klik ganda pada DisablePagingExecutive dan masukkan angka 1 pada Value Data.
Apabila diaktifkan,Windows tidak akan melakukan paging file ke dalam hard disk. Sistem operasi dan program-program menjadi lebih responsif. Disarankan untuk komputer yang memiliki memori lebih dari 128MB.
Double Klik pada LargeSystemCache dan masukkan angka 1 pada Value Data. sistem akan mengalokasikan seluruh memori  untuk file caching. Komputer akan melakukan caching kernel XP di dalam memory sehingga Windows XP dapat berjalan lebih cepat.

Unload .dll Untuk Mempercepat Akses Memori


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Explorer
Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama AlwaysUnloadDLL.

Pada option Default Value masukkan angka 1.

Menghapus Pagefile Saat Shut Down
HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Session Manager/Memory Management Klik ganda ClearPageFileAtShutdown dan masukkan angka 1 pada Value Data.


ini cukup untuk membuat komputer kita dapat bekerja dengan cepat.
Mempercepat start up atau booting windows xp
Download cclener dan install di komputer kamu software ini yang saya gunakan untuk mempercepat booting windowsxp.setelah terinstall jalankan cclenear dan buka pada menu Tool >> startup>> delet semua menu yang ada di start up caranya blok aja semau atau Ctrl+A kemudian pilih delet.jika sudah kembali ke menu Clenear dan pilih runcleaner ini akan menghapus semua sampah di komputer kamu baik yang di recycler maupun di browser kamu dan di beberapa aplikasi lainnya.Di windows sendiri ada letaknya di Start > all program > accessorie > system tool disk cleanup itu untuk membersihkan file yang rusak
kalau untuk startupnya  ketik msconfig di run atau CMD trus cari start up.

sekarang download Defraggler,kenapa harus download dan untuk apa software ini ? kalau tidak mau juga bisa make defraggler bawaan windows sendiri letaknya ada di start > all program > accessories > 
trus kenapa saya sarankan make software ini,jawabannya jika kita menggunakan defraggler bawaan windows memakan waktu lama alias lemot. trus kenapa harus di defraggler? Gini, waktu kita install software kan gak berurutan alias sesuai kebutuhan kita misal kita install YM dulu Baru Office,trus flash,winrar dsb.maksud saya tidak berurutan dari a dulu baru b.nah software ini akan mengurutkannya atau menata ulang seluruh program sesuai dengan urutannya.tujuannya memudahkan windows dalam mencari file yang diinginkan ibarat kamus diatur a dulu baru b trus c jadi kita gampang kalau mau cari suku kata apa kaya gitulah kurang lebih.
Sekarang masuk ke contol panel >> pilih performance and maintanace lihat gambar di bawah ini.


jika tampilanna sudah classic maka kamu cari administrarive lihat gambar

doubel klik pada event viewver >> action >> clear all event >>no


saya cuma melakukan settingan seperti itu pada komputer saya dan hasilnya lumayan menambah speed komputer saya.jika anda penasaran silahkan buktikan sendiri.
0 Komentar untuk "Mempercepat kinerja XP"

Back To Top